Headlines News :
Home » , , , » Kehidupan Kuliah Mahasiswa Public Relations

Kehidupan Kuliah Mahasiswa Public Relations

Written By MELANESIA POST on Kamis, 30 Juni 2016 | Kamis, Juni 30, 2016

Kehidupan Kuliah Mahasiswa Public Relations

Ilustrasi mahasiswa. (Foto: dokumentasi UPH)
Ilustrasi mahasiswa. (Foto: dokumentasi UPH)

Colleger Radio – “Public Relations is the deliberate, planned and sustained effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its publics” atau “Humas adalah usaha yang disengaja, direncanakan, dan berkelanjutan untuk mendirikan dan menjaga pengertian timbal-balik antara suatu organisasi dan masyarakatnya”.

Pengertian mengenai Public  Relations (PR) di atas bersumber dari British Institute of Public Relations. PR atau dalam bahasa Indonesianya adalah Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu profesi yang pupuler dan menjanjikan di masa sekarang ini. Begitu banyaknya orang yang ingin menjadi PR, maka jurusan PR di berbagai kampus pun ikutan menjadi populer. Saat ini saya merupakan mahasiswi jurusan Public Relations di London School of Public Relations-Jakarta.

Public Relations merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi. Ketika kamu memilih ilmu komunikasi sebagai jurusan  di kuliahmu, pada semester-semester awal, kamu akan mempelajari ilmu komunikasi secara umum. Baru saat semester tiga atau semester lima (setiap kampus memiliki ketentuan yang berbeda-beda), kamu diwajibkan untuk memlilih satu konsentrasi dari ilmu komunikasi, yang terdiri dari Public Relations, Mass Communication/Broadcasting, Advertising, serta Marketing Communication.

Saat sudah memilih konsentrasi, barulah kamu akan fokus mempelajari satu bidang, seperti Public Relations. Mempelajari Public Relations sangat lah menarik. Bekerja di bidang PR juga menarik, menantang, serta tidak statis atau monoton. Jika berbicara tentang PR, kata utamanya adalah citra, image, dan reputasi.

Yah, memang benar fungsi PR adalah  menjaga citra, image, serta reputasi atau kata lainnya adalah nama baik suatu organisasi. Banyak hal yang dipelajari di jurusan ini, antara lain belajar bagaimana cara merencanakan, membuat, dan menyiapkan event atau acara, seperti peluncuran produk dan konferensi pers.
PR tidak hanya bekerja di awal atau sebelum acara, tetapi hingga acara berakhir pun PR tetap aktif bekerja dalam bagian evaluasi. Dalam membuat acara, PR bekerja dengan melakukan melakukan analisa terhadap situasi saat ini, menetapkan tujuan, memilih masyarakat yang akan menjadi audiens, memilih media yang cocok dengan target publik, menyusun budget, hingga evaluasi.

Salah satu contoh evaluasi dilakukan dengan me-monitor hasil-hasil publikasi acara dari berbagai media. Oleh karena itu, hubungan PR dengan media harus lah dijaga dengan baik. Kamu akan mendapat mata kuliah Media Relations yang berguna untuk mengetahui bagaimana  hubungan PR dan media yang seharusnya terjalin.

Kamu akan mendapatkan mata kuliah PR & Publicity, di mana kamu akan belajar bagaimana membuat press release atau siaran pers yang baik dan benar sehingga dapat diterima oleh media. Press release merupakan berita yang dibuat PR lalu dikirim ke media.

Jika press release cocok dan sesuai, maka media akan melakukan editing dari press release menjadi artikel yang akan dipublikasikan. Yang menarik di sini adalah semua kegiatan publikasi yang dilakukan PR dengan media adalah gratis alias tidak perlu membayar apapun, tidak seperti halnya memasang iklan di media yang harus bayar.

Ada pula mata kuliah fotografi. Fotografi di sini bukannya mengajari kamu bagaimana memotret layaknya seorang fotografer profesional, tapi di sini menekankan bagaimana menghasilkan foto yang sesuai dengan pesan yang akan dikomunikasikan kepada masyarakat. Dalam hal fotografi, PR akan mengambil peran yang aktif dalam memilih jasa fotografer yang akan dipergunakan, memberikan penjelasan kepada fotografer mengenai foto seperti apa yang harus dihasilkan, dan saat pemotretan dilakukan.

Jika ada suatu isu, rumor, bahkan krisis di perusahaan, inilah saatnya PR untuk bekerja menjaga bahkan mengembalikan reputasi perusahaan yang sudah menjadi negatif di mata masyarakat melalui berbagai strategi dan taktik. Masih banyak mata kuliah lainnya yang akan dipelajari di jurusan Public Relations.

Bisa dilihat bukan, bahwa pekerjaan PR itu menantang, tidak monoton sehingga tidak membosankan, dan beraneka macam hal bisa dilakukan oleh PR. Oleh karena itu, pendapatan orang yang berprofesi menjadi PR pun juga menjanjikan.

Ingat, segala hal yang berhubungan dengan PR selalu tidak jauh-jauh dari yang namanya komunikasi.  Buat kamu yang tertarik, gak ada salahnya untuk mendaftar di jurusan Public Relations. Semoga berhasil!

Feliciana
Mahasiswa London School of Public Relations Jakarta
Share this post :

Posting Komentar