Headlines News :
Home » » PUCAK JAYA POST - OPM Emoh Dialog dengan Jakarta

PUCAK JAYA POST - OPM Emoh Dialog dengan Jakarta

Written By Ipmapuja Korwilmalangraya on Jumat, 08 November 2013 | Jumat, November 08, 2013

PUNCAK JAYA POST - OPM Emoh Dialog dengan Jakarta



foto
Suara Mahasiswa Papua - Malang
Jakarta - Tokoh-tokoh Organisasi Papua Merdeka enggan menggelar dialog dengan perwakilan pemerintah Indonesia. Mereka menuntut digelar perundingan yang juga menghadirkan perwakilan pihak ketiga.

“Kami tidak mau dialog. Kalau perundingan, ayo kita lakukan,” kata Agustinus Runtuboy melalui sambungan telepon, Selasa, 22 November 2011. Syarat untuk perundingan, kata Agustinus, adanya pengakuan pemerintah Indonesia bahwa jajak pendapat penyatuan Papua pada 1969 tidak sah karena berbagai kecurangan. “Kami butuh pengakuan itu,” ujar pria 65 tahun ini.

Hal itu dikatakannya terkait pernyataan Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, Bambang Darmono. Dalam wawancara dengan Majalah Tempo, Bambang menyatakan akan mengajak semua komponen Papua untuk berdialog, seperti OPM, Majelis Rakyat Papua, dan lainnya. “Ini bukan soal tolak atau terima (referendum), melainkan dialog,” kata Bambang.

Celsius Sergei Wapay, rekan Agustinus, menambahkan, proses integrasi Papua ke Indonesia melalui pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 1969 penuh manipulasi sekalipun di bawah pengawasan Perserikatan Bangsa-Bangsa. “Kami sudah deklarasi kemerdekaan 1 Desember 1961 dan diakui Belanda,” kata dia.

Menurut Celsius, yang dibutuhkan Papua adalah pengakuan pemerintah Indonesia atas kedaulatan Papua. “Kalau Jakarta tidak mau mengakui itu, kami akan terus berjuang sampai mendapatkan pengakuan itu,” ujarnya. Solusinya, kata Celsius, perundingan antara pemerintah Indonesia dan OPM yang juga dihadiri PBB, pemerintah Amerika Serikat, dan Belanda.
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

3 November 2013 04.25

====LANJUT====
+-----+
¦+¦+¦¦¦
¦+¦¦¦++
+----+
====senin 4 OKTOBER 2013====
=======================
AI = 97 29 19 49 99 09 93
AK = 13 21 71 41 42 22 82
yang serin kalah dalam bermain togel
ingin merasakan kemenangan 4d
klik aja webs yang di bawah ini

http://prediksionerangkajitu.blogspot.com/

malam ini saya menang lagi 4d yaitu
0373 sudah 4x putaran berturut-turut
saya menang ini bukan rekayasa
silahkan buktikan sendiri terima kasih..

Posting Komentar