Headlines News :
Home » » Puncak Jaya Basis Perjuangan Separatis Papua

Puncak Jaya Basis Perjuangan Separatis Papua

Written By Ipmapuja Korwilmalangraya on Kamis, 27 Oktober 2011 | Kamis, Oktober 27, 2011

Headline

Lukas Enembe - enembe.com
INILAH.COM, Jayapura - Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Lukas Enembe menyatakan daerah yang dia pimpin dan juga Kabupaten Mimika dijadikan pusat perjuangan Organisasi Papua Merdeka (OPM).
"Banyak organisasi dan model perjuangan untuk Papua merdeka, di dalam dan luar negeri, ada yang lewat dialog dan lainnya. Tetapi, pusat perjuangan fisik mereka yakni di Puncak Jaya dan Mimika," katanya di Mulia, Jumat (28/10/2011).
Menurut Lukas Enembe, saat ini semakin intens dan banyak kelompok perjuangan secara fisik dengan menggunakan senjata di daerah yang dia dan wakil bupatinya Henok Ibo pimpin bersama itu, dengan berbagai jumlah serta model senjata yang digunakan.
"Jadi senjata yang dipakai kelompok sipil bersenjata yang termasuk Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Puncak Jaya, bukan saja hasil rampasan dari aparat keamanan disini, tetapi juga dari semua daerah di Papua yang dikirim kesini. Ya karena memang disini pusat perjuangan bersenjata mereka," tuturnya.
"Kelompok sipil ini terus berkembang dan menjadi ancaman. Negara juga harus terlibat menanganinya, karena adalah masalah nasional. Kalau hanya perang suku, saya sendiri bisa menyelesaikan," ujar Lukas Enembe yang mengaku siap mati demi NKRI.
Sementara situasi Puncak Jaya hingga kini sangat kondusif. Aparat keamanan masih tampak siaga.
Sebelumnya kelompok pimpinan Purom alias Okinak Wonda lewat surat yang dikirimnya pada Bupati Puncak Jaya, Lukas Enembe, mengaku bertanggungjawab atas aksi teror, penembakan yang menewaskan Kapolsek Mulia, AKP Dominggus Awes, dan pembakaran kantor Ketahanan Pangan di Mulia.
Kabupaten Puncak Jaya adalah salah satu daerah yang terletak di Pegunungan Papua. Topografinya yang sulit serta cuaca relatif ekstrim seperti daerah di Pegunungan Papua lainnya, membuat daerah ini hanya bisa dijangkau dengan penerbangan perintis pesawat berbadan kecil.
Share this post :

Posting Komentar